Batu Safir bintang (Star Safir)

Idealnya, bintang atau star di Batu Star Safir harus terpusat sempurna bila dilihat dari tepat di atas, dengan setiap sinar dengan panjang yang sama. Sinar harus terang, tajam, dan jelas-tidak buram atau kabur-dan harus mencapai dari mahkota cabochon ke dasar tanpa gangguan.

Batu Star Safir muncul di hampir setiap warna yang terlihat pada safir transparan, meskipun batu safir bintang kuning, oranye, dan hijau sangat jarang terjadi. Fenomena optik yang bertanggung jawab atas sinar berkilauan safir bintang disebut asterisme, dari kata Latin astrum, untuk "bintang." Asterisme disebabkan oleh inklusi ringkup seperti jarum kecil. Bintang safir hitam berutang bintang mereka dan warna gelapnya termasuk kristal hematit mineral mengkilap. Clarity (Kejelasan) pada safir bintang adalah masalah yang rumit. Batu Star Safir yang ideal akan sepenuhnya transparan, namun sutra rutil yang menyebabkan fenomena bintang memastikan bahwa setiap Batu Star Safir sampai tingkat tertentu disertakan. Batu Star Safir yang bagus pasti memiliki cukup sutra untuk bintang yang terang dan terdefinisi dengan baik, tanpa mengorbankan transparansi batu. Batu terbaik tembus pandang semi transparan. Saturasi warna menurun saat opacity meningkat, jadi sementara bintang naga yang buram mungkin memiliki bintang yang sangat cerah dan terdefinisi dengan baik, warnanya bisa kusam dan tidak menarik.
Pemotongan yang tepat sangat penting untuk Batu Star Safir, tidak hanya untuk penampilan keseluruhan mereka, tapi juga untuk memastikan bintang yang terdefinisi dengan baik dan benar. Namun waspadalah, jika Anda menemukan bintang "sempurna" yang benar-benar sempurna-banyak Batu Star Safir buatan ada di pasaran dan inilah salah satu tanda khas mereka.

Sementara kebanyakan Batu Star Safir tetap tidak di treatment (obati), mereka mungkin dikenai perawatan untuk memperbaiki warnanya atau untuk secara artifisial menginduksi fenomena bintang. Batu Star Safir bisa dipanaskan untuk mengintensifkan warnanya, tapi ini harus dilakukan pada suhu yang rendah dan dengan sangat hati-hati, agar tidak melenyapkan sutra rutil yang merangsang bintang. Karena harga kasar transparan telah meningkat dalam beberapa kali, kebanyakan safir bintang menjadi sasaran panas yang ekstrem dan dijual sebagai batu transparan. Untuk alasan ini, Batu Star Safir halus semakin jarang dan sulit ditemukan.

Batu Star Safir ditemukan dominan di Sri Lanka, tapi juga Batu Star Safir biru yang bagus berasal dari Burma. Batu Star Safir hitam ditemukan di Kamboja dan India.

Postingan populer dari blog ini

Batu Safir Terbesar dan Termahal di Dunia

Tambang Batu Safir

Jenis Batu Safir