Batu Safir Khasmir

Batu Safir yang paling terkenal di dunia berasal dari Kashmir. Batu Safir Kashmir sangat dihargai karena spesimen terbaik memiliki warna biru cornflower yang luar biasa dan kualitas yang mengantuk (karena inklusi rutil) yang telah digambarkan sebagai "beludru biru". Beberapa safir Ceylonese dan Burma terbaik mendekat, tapi safir Kashmir terus menjadi puncak di dunia safir.

Batu Safir Kashmir jarang muncul bahkan pada pelelangan kelas atas. Pada bulan April 2007, sebuah safir Kashmir berpelindung 22,66 karat, dipasang di liontin yang dikelilingi berlian, dijual di pelelangan Christie seharga $ 3.064.000 kepada penawar anonim. Pada $ 135.000 per karat, itu menetapkan rekor baru untuk safir. Beberapa ahli permata menggambarkan potongan ini sebagai "batu yang bagus", yang menunjukkan bahwa itu jauh dari safir terbaik dari Kashmir. Ini adalah kelangkaan batu-batu ini yang membuat harga begitu tinggi.
 Batu Safir Khasmir
Batu Safir Khasmir
Kashmir berada di wilayah barat laut benua India, terletak di lembah antara India dan Pakistan. Sebuah kawasan dengan keindahan alam yang indah, Kashmir adalah negara anggun pada abad ke-19. Ini menjadi wilayah yang disengketakan setelah pembagian anak benua pada tahun 1947, ketika ia bergabung dengan India dan bukan Pakistan. Perselisihan berlanjut sampai hari ini, dengan sebagian wilayah Kashmir diduduki oleh Pakistan.

Batu Safir pertama kali ditemukan di Kashmir sekitar tahun 1880. Ceritanya adalah tanah longsor di wilayah Padar menemukan deposit, tinggi di Himalaya sekitar 4.500 meter. Antara tahun 1882 dan 1887 tambang itu sangat produktif, menghasilkan kristal safir dengan kualitas dan ukuran yang luar biasaAhli geologi Inggris menemukan bahwa tambang asli itu telah kehabisan tenaga dan mengubah surveinya menjadi deposit placer di tempat lain di lembah tersebut.

Namun, eksplorasi berikutnya gagal mengungkap materi baru yang signifikan. Selama bertahun-tahun, survei geologi sesekali telah dilakukan dan upaya penambangan dilakukan selama tiga bulan musim panas di mana daerah tersebut bebas dari salju. Namun, keajaiban yang keluar dari tambang aslinya tidak pernah sesuai, dan saat ini kawasan ini sebagian besar berada di bawah kendali gerilyawan. Apakah ada lebih dari bahan mengagumkan yang bisa ditemukan di Himalaya India ini.

Postingan populer dari blog ini

Batu Safir Terbesar dan Termahal di Dunia

Tambang Batu Safir

Jenis Batu Safir