Batu Safir Padparadscha (Padparadscha safir)

Istilah "padparadscha" berasal dari kata Sinhala untuk bunga teratai air, yang memiliki warna salmon yang tidak biasa. Banyak yang setuju bahwa padparadschas mengangkangi batas warna antara pink dan oranye.

Batu Safir Padparadscha mungkin sedikit diketahui masyarakat umum, namun mereka dihargai oleh para pecinta batu permata. Namun setelah beberapa dekade berdebat, kolektor, dealer, dan ahli permata tidak dapat menyetujui standar seragam untuk rentang warna padparadscha. Poin pertengkaran meliputi seberapa merah muda atau seberapa jingga safir ini, dan apakah nada tertentu terlalu gelap untuk memenuhi syarat. Beberapa safir padparadscha tidak berwarna salmon secara merata, tapi agak berwarna dengan warna merah muda dan kuning.
Kejernihan (Clarity) merupakan elemen penting bagi padparadschas karena nada cahaya mereka dengan mudah mengungkapkan inklusi. Segala jenis keruh akan membuat warna padparadscha menjadi kusam. Meskipun demikian batu ini sangat langka sehingga konsumen mungkin harus mengorbankan kejernihan tinggi untuk mendapatkan batu dengan warna cemerlang. Kelangkaan ekstrim padparadscha kasar berarti batu yang dipotong akan dibentuk untuk menghemat bahan sebanyak mungkin. Ini juga berarti bahwa padparadschas mungkin memiliki potongan asimetris yang tidak biasa.

Karena harga tinggi bahwa perintah safir langka ini, banyak perawatan telah dikembangkan untuk menciptakan warna padparadscha seperti safir. Pada akhir 1990-an, pasar permata dunia mengalami arus tiba-tiba dari safir padparadscha. Antusias konsumen berubah menjadi marah ketika diketahui bahwa batu-batu ini telah diwarnai dengan metode pengobatan baru yang radikal. Saat dipanaskan sampai suhu ekstrim di hadapan berilium, safir merah muda yang berwarna buruk bisa muncul dengan warna oranye merah muda yang indah sampai warna pink padparadscha. Beryllium menembus jauh ke dalam safir, sehingga sangat sulit untuk dideteksi. Gemologists mengembangkan prosedur pengujian yang andal untuk difusi berilium.

Padparadscha safir terutama ditemukan di Sri Lanka, serta Madagaskar dan Tanzania.

Postingan populer dari blog ini

Batu Safir Terbesar dan Termahal di Dunia

Tambang Batu Safir

Jenis Batu Safir