Kejernihan Batu Safir (Clarity)

Sebuah Batu Safir tanpa inklusi sering dipandang dengan kecurigaan, Mungkin itu batu sintetis atau imitasi kaca. Nilai Clarity / kejernihan terbaik untuk safir adalah "mata bersih," yang berarti tidak ada inklusi yang terlihat oleh mata telanjang. Saat mengevaluasi kejernihan, para ahli mempertimbangkan ukuran, jumlah, lokasi, dan visibilitas keseluruhan inklusi. Penyesuaian merupakan konsekuensi alami dari pertumbuhan kristal. Inklusi safir bervariasi dengan sumber atau asal dan riwayat Treatment (pengobatannya).

Crack (Inklusi) Batu Safir

Inklusi yang biasanya ditemukan di Batu Safir mencakup item berikut:
  • Rongga - lubang atau lubang yang membentang dari permukaan batu permata ke interiornya.
  • Color Zoning - area atau pita warna bolak-balik dalam batu permata.
  • Cekungan / Naturals - lekukan alami di permukaan batu permata yang dibuat selama pembentukan kristal. Tanda pertumbuhan ini biasanya ditemukan pada korset dan tidak memengaruhi keindahan atau kilau gemstone.
  • Bulu - inklusi kecil yang memiliki penampilan tipis dari bulu.
  • Inklusi Sidik Jari - jaringan tabung berisi cairan kecil yang menyerupai sidik jari manusia. Inklusi sidik jari terbentuk ketika safir kembali mengkristal untuk menyembuhkan sebagian dari zona fraktur.
  • Crack (Retakan) - Crack oval atau sirkular yang mengelilingi inklusi padat atau cair. Ini terbentuk dari stres karena peluruhan radioaktif kristal zirkon kecil atau dari suhu tinggi yang diperlukan untuk perlakuan panas.
  • Termasuk Kristal - mineral ringan, gelap, transparan atau opaque terjebak di dalam batu permata. Dalam safir, Anda sering dapat menemukan kristal hematit, zirkon, spinel, kalsit, dan mika, misalnya.
  • Inklusi Cair - ruang berisi cairan dalam batu permata.
  • Sutra - jarum rutil halus yang menciptakan transparansi mengantuk dari beberapa safir. Sutra juga bertanggung jawab atas asterisme dalam safir bintang. Tidak semua safir mengandung sutra. Sutra adalah contoh inklusi yang sebenarnya dapat menambah nilai ke safir. Dalam jumlah sedang, jarum rutil yang sangat reflektif menghamburkan cahaya ke dalam sapphire yang dipotong, membantu menerangi sisi-sisi batu yang lebih gelap dan meningkatkan kecemerlangannya.

Selain warna dan kejernihan (Clarity) pada batu Safir, potongan atau Cutting pada batu Safir juga bisa mempengaruhi nilai harganya.